Tuesday 24 March 2015

Kembali, Bupati Motori Gerakan Kuningan Bersih


SAKuningan News - Bupati Kuningan Hj Utje Ch Suganda, MAP kembali menjadi motor gerakan Kuningan Bersih. Dirutinitas kesibukannya memimpin masyarakat Kabupaten Kuningan, Bupati menyempatkan diri untuk mengajak jajarannya membersihkan kawasan Kuningan.

Bupati bersama jajaran berjalan kaki menyusuri kawasan Jalan Siliwangi membersihkan sampah. Nampak, Bupati tak segan untuk memungut sampah dengan menggunakan tangannya. Bahkan Bupati perempuan pertama di Kuningan tak segan menghampiri dan menegur setiap pedagang yang berjualan di kawasan jalan Siliwangi yang tak mempunyai tempat sampah.

“Mang harus menjaga kebersihan yah,” kata Hj Utje Ch Suganda kepada pedagang yang ditemuinya.

Acara Kuningan Beberesih diawali dengan upacara gelar pasukan yang bertempat di Pandapa Paramartha yang disatukan dengan pengukuhan Forum Musyawarah Sekolah Berbudaya Lingkungan/Adiwiyata, Jumat 13 Maret 2015.

Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Kuningan, Dr. Ukas Suharfaputra, MP mengatakan, Kuningan dikukuhkan menjadi Kuningan Bersih. Tujuannya, untuk mewujudkan Kuningan yang bersih, sehat, dan memotivasi sekolah-sekolah di kabupaten Kuningan agar berbudaya lingkungan.

“Kuningan merupakan satu daerah yang bersih untuk itu melalui Kuningan beberesih ini masyarakat diharaapkan dapat lebih menyadari arti penting hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari,”ucapnya.

Sementara itu Bupati mengatakan, kebersihan itu sangat penting. Menjaga kebersihan bukan hanya tugas Pemerintah saja. Melainkan, seluruh elemen masyarakat Kuningan harus punya peran dalam rangka mewujudkan Kuningan yang bersih agar nyaman ditinggali.
“Secara tidak sadar kadang kala kita membuang sampah kecil seperti bungkus permen di sembarang tempat, padahal didekat kita ada tempat sampah seperti disudut ruangan, trotoar, ditaman. Ini harus kita rubah, sekecil apapun sampahnya, harus dibuang di tempatnya,”Tuntas Bupati.

0 komentar:

Post a Comment