Thursday 12 November 2015

Rupiah Mulai Bergerak Melemah


SAKuningan News - Laju nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika (USD) cenderung melemah hingga siang ini. Dibuka di Rp 13.558, siang ini Rupiah berada di Rp 13.593 per USD.

Data Bloomberg mencatat, Rupiah sempat menyentuh titik terendahnya di Rp 13.598 per USD yaitu pukul 12.35 WIB. Saat ini Rupiah masih bergerak nyaris menyentuh level Rp 13.598 per USD.

Analis NH Korindo Securities Reza Priyambada mengatakan laju Rupiah masih melanjutkan penguatannya seperti halnya pergerakan sebelumnya yang mampu mengalami kenaikan di tengah laju masih USD yang bergerak naik terhadap sejumlah mata uang.

Adanya rilis pertumbuhan produksi dan investasi China yang menunjukkan perlambatan memberikan tekanan pada laju Yuan dan sentimen dari dalam negeri yang belum sepenuhnya cukup positif tak menghalangi laju Rupiah dapat bertahan menghijau.

Meski masih ada imbas pemberitaan terkait rencana kenaikan The Fed, namun, sudah mulai berkurang sehingga pelaku pasar kembali masuk ke aset-aset mata uang beresiko, termasuk diantaranya Rupiah. Adanya sentimen dari rencana stimulus ECB yang berimbas pada penurunan indeks Euro tidak terlalu memberikan efek negatif pada Rupiah.

Masih berlanjutnya penguatan memberikan ruang bagi Rupiah untuk dapat kembali melanjutkan tren kenaikannya meski jangka pendek.

"Berharap penguatan tersebut dapat berlanjut, tetap mewaspadai dan tetap cermati sentimen yang akan muncul. Laju Rupiah di atas target resisten 13.610. Rp 13.586-13.489 (kurs tengah BI)," ujarnya dalam riset harian, Jakarta, Kamis (12/11)

0 komentar:

Post a Comment